GAYAM.NGAWIKAB.ID – Bersih Desa merupakan upacara adat yang dilakukan secara turun-temurun untuk membersihkan desa dari hal-hal buruk. Bersih desa biasanya dilaksanakan pada bulan Suro yang merupakan tahun baru umat Islam. Kegiatan ini sering kita jumpai khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tak terkecuali di Desa Gayam, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, yang juga menggelar bersih desa pada Kamis (17/9/2020).

Bersih desa dimulai dari Bancaan di 2 sumber mata air yaitu Sumber Pule dan Sumber Kanti yang terletak di Dusun Munggur pukul 07.00. Kedua sumber mata air tersebut oleh masyarakat desa setempat dipercaya sebagai cikal bakal Desa Gayam. Perangkat dan BPD Desa Gayam bersama-sama membawa sesajen ke Sumber Pule dan Sumber Kanti. Masyarakat desa juga membawa sesajen sumber tersebut. Sesajen yang dibawa antara lain: pisang ambon, pisang raja, tumpeng, ayam panggang, peyek, slondeng, sayur tempe, kering dan mie. Selain itu ada juga jajanan pasar, apem, kopat dan lepet. Bancaan ini dipimpin oleh Modin Desa Gayam yang bernama Bapak Samingan. Selanjutnya Bapak Suyono selaku Bayan Desa Gayam dan Bapak Samingan mengunjungi  7 sumber dan punden dengan membawa takir dengan tujuannya melestarikan budaya.

Acara selanjutnya adalah dzikir fida’ atau tahlilan yang dimulai pukul 08.00 dan dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga sekitar. Dzikir fida’ tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena digelar di tengah pandemi COVID-19. Tamu undangan yang mengikuti dzikir fida’ diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum memasuki halaman Kantor Desa Gayam, menggunakan masker dan menjaga jarak. Dzikir fida’ dipimpin oleh Bapak Suratmin. Dzikir fida’ ini bertujuan untuk mengirim doa kepada leluhur Babad Desa Gayam yang bernama Mbah Sadinah dan Mbah Sadinem dan leluhur Desa Gayam lainnya yang telah meninggal dunia. Selain itu, supaya masyarakat Desa Gayam dapat hidup dengan aman, tenteram dan terbebas dari pagebluk. Dari segi pertanian, agar tanaman-tanaman pertanian terhindar dari hama dan hasil panen dapat meningkat.

Ritual Besih Desa ini ditutup dengan hiburan Tari Gambyong bertempat di Kantor Desa Gayam. Hiburan ini berlangsung selama 2 jam mulai dari pukul 13.00 sampai 15.00. Hiburan ini dihadiri oleh Bapak Camat, Sekretaris Camat, Kasi Tantib, Babinsa, tokoh masyarakat dan warga sekitar yang tetap menerapkan protocol kesehatan.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian