GAYAM.NGAWIKAB.ID – Asal usul nama Desa Gayam tidak terlepas dari perkembangan kehidupan masyarakat pada jaman kerajaan Mataram. Pada tahun 1825-1830 terjadi Perang Diponegoro yang merupakan perang Kerajaan Mataram melawan Pemerintah Kolonial Belanda. Pasukan Kerajaan Mataram yang bernama Laskar Sukowati dan para pengungsi mencari tempat persembunyian di lereng Gunung Lawu.

Mereka membuka lahan untuk dijadikan tempat persembunyian dan berkembang menjadi tempat pemukiman dan lahan pertanian. Daerah pemukiman ini banyak ditumbuhi pohon Gayam. Terdapat tanaman buah – buahan yang kemudian dijadikan sebagai sumber mata pencaharian kumpulan masyarakat tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, kumpulan masyarakat tersebut menamakan tempat pemukiman mereka Desa Gayam karena wilayah tersebut memiliki banyak pohon Gayam.

Desa Gayam merupakan sebuah desa di Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Seiring dengan berjalannya waktu, dibentuklah suatu sistem pemerintahan lokal. Awalnya Desa Gayam memiliki 3 dusun yang bernama Dusun Gayam, Kepuh dan Wonorejo. Saat ini Dusun Wonorejo berubah menjadi Dusun Bulak dan terdapat dusun baru yang bernama dusun Munggur. Kepala pemerintahan di Desa Gayam mulai berganti seiring berjalannya waktu. Kepala Desa Gayam pertama kali adalah Mbah Bendot atau Sumarto.

Para pejabat Kepala Desa Gayam semenjak berdirinya Desa Gayam adalah sebagai berikut :

NoNamaTahun
1Mbah BendotMasa Kolonial Belanda
2PorjoMasa Kolonial Belanda
3Parto UlomoMasa Kolonial Belanda
4Atmorejo RadjimanMasa Kolonial Belanda
5Wiryo Sumarto1948
6Sukemi1948
7Harjo Sumarto1955 – 1989
8Muhardi1990 – 2007
9Sunar2007 – 2019
10Siti Rahmah2019 – sekarang

Sekretaris Desa Gayam tahun 1955 – 1966 adalah Mardi, tahun 1966-2006 adalah Sulastiyo, tahun 2016 – 2018 adalah Yuli Kuswanto dan tahun 2019 sampai sekarang adalah Suyadi. Kepala Dusun Gayam dari waktu ke waktu adalah Supangat, Darsono, Harjo Saibun dan Kabul (sekarang). Kepala Dusun Munggur bernama Atmo Sumarto Saleh, Sujud, M. Fachrudin dan Supriyono (sekarang). Kepala Dusun Kepuh bernama Marto Handoyo, Sukemi, Mardi, dan Suparno Efendi (sekarang). Kepala Dusun Bulak bernama Modiryo, Karto Dongkol, Sarju, Sumarto Jemblung, Siman, Sugiyo dan Suwarno (sekarang).

Sumber: Suyadi (Sekretaris Desa Gayam)

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian