GAYAM.NGAWIKAB.ID – Belik merupakan tempat keluarnya mata air yang digunakan untuk mandi pada zaman dahulu. Di Desa Gayam tepatnya di Dusun Bulak masih terdapat banyak belik seperti Belik Blumbang, Legi, Mbah Suro, Mbah So dan Cilik. Pemberin nama Belik biasanya berdasarkan nama dari pemilik belik tersebut.

Pada zaman dahulu warga membedakan belik tempat untuk mandi dan belik untuk air minum. Pada musim kemarau, warga berlomba untuk mendapatkan air. Mereka pergi ke belik dengan membawa jun dan mengambil air menggunakan tempurung kelapa. Apabila sudah melewati pukul 03.00 WIB biasanya warga sudah kehabisan air dan harus menunggu untuk beberapa jam.

Saat ini air pada belik-belik tersebut masih mengalir dan kondisi belik tidak berubah. Namun warga sekita lebih memilih air PDAM dari pada belik karena dirasa lebih mudah. Selain itu belik di Dusun Bulak terkenal angker sehingga sedikit warga yang berani pergi ke belik.

Gambar dibawah ini adalah Belik Cilik yang terletak disebelah utara watu bengkah. Watu bengkah pada zaman dahulu merupakan sumber mata air. Diatas belik tersebut terdapat berbagai tanaman dahulunya. Namun saat ini diatas belik tersebut terdapat pohon bambu dan ketela. Belik Cilik memiliki 3 belik kecil yang berjajar. Kondisi belik masih seperti dahulu namun belik tersebut sudah tidak lagi digunakan oleh warga sekitar.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian