GAYAM.NGAWIKAB.ID – 28 Oktober merupakan tanggal sejarah persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia. Kebersamaan dalam satu tekad untuk membangun ikatan seluruh suku bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu dan berdaulat dalam menghadapi penjajahan dari bangsa asing dan gerakan separatis yang ada di Indonesia.

Nilai-nilai luhur kebersamaan untuk mempersatukan tekad rakyat Indonesia bersatu ditandai dengan adanya ikrar atau sumpah dari masing-masing suku yang ada di Indonesia yaitu

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Wujud dari Sumpah Pemuda diimplementasikan melalui kebersamaan mewujudkan pemerintahan Desa Gayam dalam membangun dan memajukan Desa Gayam yang penuh dengan kekompakan. Kebersamaan itu berwujud seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, karang taruna dan perangkat desa, semua bersatu saling bahu-membahu untuk kemajuan Desa Gayam. Bentuk kegotong-royongan adalah setiap keputusan yang diambil selalu melibatkan inovasi, kreatifitas serta masukan dari masyarakat. Misalnya musyawarah rencana pembangunan desa, kerja bakti membersihkan saluran air, jalan, mata air dan gotong royong membuat lapangan olahraga. Semua kegiatan tersebut selalu melibatkan paartisipasi dari masyarakat.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian