GAYAM.NGAWIKAB.ID – Stunting merupakan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang membuat tinggi badan anak tidak sesuai dengan usianya akibat status gizi yang buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tak mencukupi.

Dalam penanganan dan pencegahan stunting peran desa sangatlah besar yaitu melalui pemanfaatan Dana Desa. Dana Desa dapat digunakan untuk kegiatan penanganan stunting seperti pengukuran tinggi badan balita yang diadakan di Aula Kantor Desa Gayam pada Senin (4/10/2020). Kegiatan berlangsung selama dua jam mulai pukul 09.00 sd 11.00 WIB. Pengukuran tinggi badan dilakukan oleh Ibu Yuni selaku Bidan Desa Gayam dan Bapak Yatmin selaku Ahli Gizi Puskesmas Kendal dibantu dengan Kader Posyandu Desa Gayam. Pengukuran tinggi badan dilakukan pada 42 anak usia 0 – 59 bulan yang berasal dari berbagai dusun di Desa Gayam.

Hasil pengukuran tinggi badan dan usia anak akan digunakan untuk  acuan apakah ada anak yang mengalami stunting atau tidak. Data tersebut akan dimasukkan kedalam sistem untuk kemudian di cek apakah ada yang yang dibawah standard deviasi atau tidak. Apabila ada yang dibawah standard deviasi maka akan dikategorikan ke dalam stunting. Hasil dari uji data pada sistem dapat diperoleh setelah 5 Р7.

Ibu Yuni berharap tidak ada anak yang mengalami stunting di Desa Gayam. Namun apabila ditemukan anak yang mengalami stunting maka akan dilakukan koordinasi dengan Kepala Desa mengenai penanganan lebih lanjut. Penanganan tersebut dapat melalui pemberian PMT, penyuluhan dan lain-lain.

 

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian