GAYAM.NGAWIKAB.ID – Singo Padu merupakan sumber mata air yang terletak di Dusun Gayam Desa Gayam Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Mata air yang terletak ditengah persawahan tersebut sudah ada sejak jaman dahulu.

Sumber Mata Air Singo Padu

Ibu Surati (85) warga Dusun Gayam bercerita bahwa sumber mata air Singo Padu sudah ada sejak beliau masih kecil. Dahulu terdapat pohon Tingu yang sangat besar dan oleh masyarakat setempat daunnya digunakan untuk lalapan. Dibawah pohon tersebut keluarlah air yang sangat jernih. Sumber mata air tersebut dikelilingi pepohonan yang amat besar dan lebat. Pada sumber mata air tersebut terdapat ikan yang banyak. Namun masyarakat setempat meyakini bahwa jika ada yang mengambil ikan dari sumber mata air tersebut akan terkenal sial.

Ibu Surati (85) Warga Dusun Gayam

Suatu hari ada singa yang berkelahi di sumber mata air tersebut. Singa-singa tersebut berasal dari Hutan Naga yang terletak di Desa Ngrayudan. Oleh sebab itu, masyarakat setempat memberi nama sumber mata air tersebut Singo Padu. Singo Padu berasal dari bahasa Jawa, singo adalah hewan singa sedangkan padu adalah bertengkar. Singo padu diartikan sebagai singa yang berkelahi. Bapak Kabul selaku Kepala Dusun Gayam mengatakan bahwa singa penunggu mata air tersebut kadang menampakkan diri satu tahun sekali pada orang-orang yang tengah bekerjadi sawah.

Dulu, masyarakat setempat mengambil air dari mata air tersebut menggunakan kendhi. Mereka berjalan di galengan sawah karena jaman dahulu jalan belum bagus seperti saat ini. Saat ini air yang mengalir dari mata air singo padu tidaklah sebesar dulu. Pohon tingu yang tumbuh besar dan lebat juga sudah tidak ada. Air yang mengalir dari sumber mata air singo padu kini digunakan untuk mengaliri sawah oleh masyarakat setempat.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian