GAYAM.NGAWIKAB.ID – Desa Gayam yang terletak di lereng Gunung Lawu memiliki sumber daya alam yang begitu potensial. Suasana alam yang sejuk, tanah yang subur, air yang melimpah, dan beraneka ragam tumbuhan mendukung populasi hewan-hewan ternak untuk terus berkembang biak dengan baik. Kondisi ini membuka peluang usaha yang menjanjikan dibidang peternakan.

Dusun Gayam Desa Gayam Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi memiliki 234 kepala keluarga yang hampir seluruhnya memiliki hewan ternak seperti ayam kampung, sapi dan kambing. Ternak ayam kampung dapat dengan mudah kita jumpai di setiap rumah warga di Dusun Gayam. Hanya sekitar 5% dari warga yang tidak beternak ayam. Untuk beternak ayam, warga memanfaatkan lahan yang ada dengan memberi pembatas yang terbuat dari bambu. Ada juga ayam kampung yang tidak dimasukkan ke kandang dengan kata lain mereka mencari makan dari sisa makanan sang pemilik atau memakan kerikil-kerikil kecil dan rerumputan yang ada disekitarnya.

Posisi ternak terbanyak kedua di Dusun Gayam adalah Sapi. Terdapat 32 kepala keluarga yang memiliki sapi. Adanya berbagai tumbuhan yang dapat tumbuh dengan subur di lahan kosong memberi keuntungan bagi peternak sapi. Mereka mencari rumput dan tumbuhan lainnya untuk kemudian diberikan kepada sapi-sapi mereka. Ada pula yang menggembala sapi di lahan kosong pada sore hari. Warga yang pergi ke sawah untuk memanen padi biasanya pulang dengan membawa jerami padi untuk diberikan kepada sapi-sapi mereka.

Posisi ternak terbanyak ketiga adalah kambing. Terdapat 18 kepala keluarga yang beternak kambing. Satu kepala keluarga biasanya memiliki lebih dari satu kambing. Sama seperti sapi, warga Dusun Gayam baisanya menggembala kambing pada sore hari. Dusun Gayam sendiri memiliki 2 orang blantik yang terkenal yaitu Mbah Yadi dengan spesialis Kambing Jawa dan Mbah Sukar dengan spesialis Kambing Gibas.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian