GAYAM.NGAWIKAB.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Ngawi menggelar pelatihan teknis pengelolaan website desa, Kamis (26/11). Pelatihan ini bertempat di Gedung Mina Mukti Jl. Teuku Umar No. 43 Ngawi dan dihadiri oleh desa-desa yang berstatus open suspend. Pelatihan tersebut menghadirkan 2 narasumber, Operator Website Desa Grudo Arys Purwadi dan Operator Website Desa Gayam Mega Kusuma. Pelatihan dibuka oleh Noor Soemadijo selaku Kasi Pengembangan Ekosistem (PE) E-Gov DISKOMINFO Ngawi.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas operator website desa dalam membuat konten berita yang baik dan menarik. Arys Purwadi menjelaskan pentingnya unsur 5W + 1H dalam membuat berita. Pengisian tag pada kolom berita juga tidak kalah penting. Arys Purwadi menyarankan operator wesbite desa untuk menuliskan tag nama desa, website desa, website Ngawi dan website terbaik. Tag tersebut dapat memudahkan user untuk menemukan webiste kita dalam pencarian.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk melatih operator website desa dalam mengelola website desa seperti menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh WordPress dan cara mengelola fitur-fitur tersebut. Untuk mengembangkan potensi UMKM, Mega Kusuma menjelaskan cara membuat link whatsapp (WA) pada website sebagai jembatan komunikasi antara penjual dan pembeli.

Operator website Desa Paras Yuliana menanyakan tentang pengaruh analisis penulisan bahasa dari YOAST SEO yang dilambangkan dengan warna hijau, orange dan merah. Arys Purwadi menjelaskan bahwa analisis tersebut digunakan untuk penulisan berita menggunakan bahasa Inggris sehingga operator website desa tidak perlu khawatir ketika analisis keterbacaan menunjukkan warna merah (butuh perbaikan atau need improvement).

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas operator website desa dalam membuat narasi dan mengelola website agar lebih menarik. Setelah pelatihan ini, DISKOMINFO Ngawi akan melakukan evaluasi secara bertahap terhadap penulisan narasi dan pengelolaan website desa peserta perlatihan.


Baca Juga:

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian