GAYAM.NGAWIKAB.ID – Tahukah kamu apa itu tanaman ganyong? Tanaman Ganyong (Canna discolor L. syn. C. Edulis) merupakan tanaman umbi yang mengandung banyak karbohidrat. Selain itu tanaman ganyong kaya akan protein, kalori, lemak, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium dan zat besi. Tanaman ganyong memiliki banyak manfaat seperti mengobati luka lambung, baik untuk pencernaan dan usus, mendukung pertumbuhan balita, menguatkan tulang, mengatasi radang saluran kencing, dan mengatasi panas dalam.

Tanaman Ganyong dapat menjadi alternatif pengganti beras karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini sepintas seperti tanaman hias. Saat ini tanaman ganyong semakin langka dan terancam kelestariannya karena sekitar 95% penduduk Indonesia memilih beras sebagai makanan pokok sehingga sangat jarang orang yang menanamnya.

Tanaman ganyong tumbuh di daerah tropis dan dapat bertahan di lahan kering. Tanaman ganyong akrab bagi masyarakat Indonesia, khsusunya para petani. Tanaman ganyong biasanya tumbuh liar di kebun milik warga. Di Dusun Munggur, Desa Gayam, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi terdapat tanaman ganyong yang tumbuh liar di pinggir jalan. Wargapun mengambil umbi dari tanaman ganyong dan merebusnya. Karena semakin langkanya tanaman ganyong, mari kita lestarikan tanaman ganyong untuk anak cucu kita dengan menanam dan mengolahnya sehingga memiliki daya jual yang tinggi.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian