GAYAM.NGAWIKAB.ID – Pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos) RI terus berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan melalui beberapa kebijakan dalam program bantuan sosial. Penyaluran bantuan sosial tahun 2021 akan dilaksanakan serentak pada 4 Januari 2021.

Menteri Sosial Tri Risma Harini mengatakan bahwa laporan Bantuan Sembako pada bulan Februari akan lebih detail sehingga tidak ada pihak yang menyelewengkan bantuan.

Bantuan sosial yang dimaksud antara lain

  • Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total anggaran Rp. 28,709 triliun dan sasaran 10 juta keluarga. Bantuan PKH akan disalurkan dalam empat tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober melalui Himpunan Bank Negara (BRI, BNI, Mandiri dan BTN).
  • Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) / Program Sembako dengan total anggaran Rp. 42,5 triliun dan sasaran 18,8 juta keluarga. Indeks bantuan yang akan diberikan sebesar Rp. 200 ribu/bulan yang akan disalurkan setiap bulan mulai Januari s/d Desember 2021.
  • Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan total anggaran Rp. 12 triliun dan sasaran 10 juta keluarga. Indeks bantuan yang akan diberikan sebesar Rp. 300 ribu/bulan yang akan disalurkan melalui PT POS Indonesia selama 4 bulan (Januari, Februari, Maret dan April). Untuk wilayah Jabodetabek yang sebelumnya berupa sembako diubah menjadi BST.

Share and Enjoy !

Shares
id_IDIndonesian